Kamis, 14 Juni 2012

Microsoft OneNote


Pernah mendengar Microsoft OneNote?? Mungkin bagi sebagian orang jarang mendengarnya karena microsoft ini jarang digunakan oleh sebagian kalangan mungkin karena tidak tahu fungsinya dan cara penggunaanya. Jadi  Microsoft OneNote adalah salah satu keluarga Microsoft office, fungsinya adalah sebagai organizer / notebook yang berguna untuk menyimpan catatan kita. One note juga dapat menampung file-file digital yang kita miliki sehingga kita dapat memiliki sebuah penampungan yang terorganisir dengan rapi.
Microsoft OneNote telah diperkenalkan sejak Microsoft Office 2003, berlanjut ke Microsoft Office 2007 dan sekarang yang terbaru adalah Microsoft Office 2010.

Coba anda perhatikan, layout Notebook / Organizer secara fisik tidak berbeda dengan layout Notebook pada Microsoft OneNote . Secara common sense ini akan sangat mudah untuk dipahami masing-masing fungsinya.
  • Notebook / Organizer memiliki Section yang biasanya kita gunakan untuk membatasi kategori dari masih-masing tulisan, begitu pula pada microsoft one note, kita dapat membuat Section sebanyak apapun yang kita butuhkan.
  • Section pada Notebook dan Organizer pasti memiliki halaman, begitu pula pada Microsoft One Note, anda dapat menyisipkan halaman sebanyak apapun yang anda butuhkan.
  • Kelebihan pada Microsoft One Note adalah, Kita dapat membuat Notebook sebanyak apapun yang kita butuhkan, dan anda pun dapat memproteksi notebook anda dengan password sehingga tidak sembarang orang dapat membuka notebook anda.
  • Notebook anda beserta seluruh file didalamnya akan disimpan kedalam sebuah file, ini akan mempermudah distribusinya (kalau takut filenya dicuri orang, silakan anda password file Notebook anda )
Fitur one note yang saya sukai:
Tidak ada tombol untuk menyimpan dokumen
Apa yang sudah anda ketikkan atau anda lakukan perubahan di halaman microsoft one note, selalu disimpan pada detik itu juga. Dapat dipastikan anda tidak akan pernah kehilangan apa yang anda catat. ketika anda tutup microsoft OneNote setelah anda gunakan, dan anda buka kembali, anda akan menemukan catatan anda masih tersimpan sama persis ketika anda tutup halaman OneNote Anda.
Screen Clipping
Fitur Screen Clipping mampu membuat saya menangkap object gambar apapun pada layar monior yang saya inginkan hanya dalam 2 langkah mudah,
  • Tekan Tombol SUPER (yg berlogo window) dan tombol S
  • Block area yang ingin di capture
  • Maka area yang anda capture akan masuk kedalam halaman one note anda (pilih akan masuk page mana)
OCR pada file Gambar
One Note mampu mengenali teks pada file gambar (misal: JPG, GIF, PNG, dll) ini tentunya menyenangkan karena saya dapat melakukan extract teks yang saya butuhkan pada file gambar. tidak hanya mampu mengekstract teks, ketika anda menginsertkan file ini di halaman one note anda, dan anda melakukan searching teks, apabila teks tersebut ada di dalam gambar ini, maka Microsoft One Note akan mengikutsertakan gambar ini sebagai hasil dari pencarian teks tersebut, sangat membantu sekali apabila anda memiliki ratusan kartunama yang anda simpan di halaman microsoft one note ini, mencarinya akan sangat mudah jika anda sewaktu waktu membutuhkannya.
Fungsi Kalkulator
One note secara alami berfungsi sebagai kalkulator, misalnya anda mengetikkan 2X3= dan anda tekan enter maka hasilnya akan otomasis terkalkulasi.fungsi kalkulator ini juga tidak hanya sebatas X / + – melainkan fungsi akar SQRT(angka)= dan lainnya. Dan Masih banyak sekali fungsi dari Microsoft OneNote yang belum dijelaskan disini, anda bisa eksplore sendiri sesuai dengan kebutuhan anda. proses belajarnya pun tidak akan sulit karena user interfacenya dibuat sedemikian rupa supaya mudah digunakan secara natural.
Cara Membuat Notebook Baru pada Microsoft OneNote
Cara membuat Notebook baru pada one note sangat mudah.
Langkah 1.
Buka Microsoft One Note Anda.
Langkah 2.
Anda akan menemui tampilan awal yang kurang lebih seperti ini, Click FILE yang berada di Pojok Kanan atas
Langkah 3.
Anda akan menemui tampilan seperti dibawah ini, Klik NEW untuk membuat sebuah Notebook Baru
Langkah 4.
Pilih My Computer pada bagian “1. Store Notebook On
Langkah 5.
Ketikkan Nama Notebook anda pada langkah “ 2. NAME”, Kemudian Klik Icon Create Notebook
Langkah 6.
Notebook anda sudah terbentuk , Sangat mudah bukan?
Cara Membuat Section pada Notebook Microsoft OneNote
Kita telah belajar membuat Notebook pada One Note, kali ini kita akan belajar bagaimana caranya membuat sebuah Section pada Notebook yang telah kita buat tadi.
Langkah 1
Arahkan Mouse Pointer anda Pada Tab New Section 1
Langkah 2
Karena Section 1 telah terbentuk, saya akan Rename terlebih dahulu section tersebut, Saya lakukan klik kanan pada tab New Section 1, Kemudian saya lakukan klik kiri pada Rename seperti pada gambar dibawah ini
Langkah 3
Saya ketikkan Judul dari Section tersebut, Section ini saya beri nama dengan Business Intelligence
Langkah 4
Saya Ingin membuat sebuah Section Baru, saya klik kanan pada tab Section yang berjudul Business Intelligence, kemudian saya klik New Section
Langkah 5
Akan Muncul Section Baru berjudul New Section 1, tinggal saya ketikkan judul baru pada section ini
Langkah 6
Section ini akan saya beri nama dengan Data warehouse
Dua Section telah terbentuk, tidak sulit kan membuat Section?
Bagaimana menurut anda dengan microsoft one note, cukup mudah kan? Silahkan mencoba....

Naelul Fauziah

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana komentar anda dengan postingan saya?

 
;